8.2.10

TANDA DARI TUBUH YANG KURANG TIDUR

Banyak ahli berpendapat bahwa tidur cukup setiap hari sangat dibutuhkan tubuh. Karena setiap hari, tubuh kita butuh pergantian sel-sel tubuh yang rusak. Dan masa istirahat, adalah masa dimana sel-sel tubuh kita tergantikan. Dan bila tidak maka, kelelahan akan menghampiri tubuh kita. Nah, apakah kita termasuk yang cukup waktu tidurnya? Atau justeru kita mengalami kelelahan akibat kurang tidur? Untuk mengetahuinya, tubuh kita akan memberi tanda-tanda seperti berikut :

Tidak berkonsentrasi : Ada sebuah istilah; “SKS” alias sistim kebut semalam. Biasanya ungkapan sindiran ini diberikan kepada mahasiswa yang belajar kilat pada malam menjelang ujian di pagi, keesokan harinya. Alhasil pelajaran sulit diingat, malah kantuk mendominasi otak, saat berpikir keras menghadapi soal ujian. Tentu hasilnya pun mengecewakan. Sean Drummond PhD dari University of California, San Diego, mengatakan bahwa, orang dalam kondisi kelelahan, biasanya mudah mengambil risiko dengan harapan mendapatkan hasil maksimal. Hal tersebut sesungguhnya justru membuat segala rencana menjadi berantakan.

Selalu lapar : Penelitian menunjukkan bahwa, kurang waktu tidur akan mengganggu kadar gula dalam darah. Kondisi ini membuat tubuh memproduksi sedikit leptin, yaitu hormon pengendali nafsu makan. Dan sebaliknya, menghasilkan banyak ghrelin, yang bersifat kebalikan dari leptin. Inilah yang mengakibatkan kita merasa lapar meski baru makan.

Gampang sakit : Inilah tanda yang sering ditemukan. Orang yang kurang waktu tidur rentan terkena infeksi. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa, kita yang cukup istirahat memiliki sistem imun yang lebih kuat, dibanding kita yang kurang mendapatkan waktu beristirahat.

Gampang menangis : Tanpa waktu istirahat cukup, emosi kita cenderung tidak stabil. Studi menyebutkan, bahwa bila kita kurang tidur, kita akan sering merasa sedih karena otak lebih banyak menyimpan memori negatif ketimbang yang membahagiakan. Tak heran bila kita kurang tidur, kita akan terlihat seperti sedang mengalami depresi.

Gampang teledor: Para ahli mengungkapkan, kurang tidur akan membuat kemampuan motorik kita melambat dan kurang gesit. Akibatnya, kita jadi sering gugup, menabrak atau menumpahkan sesuatu. Hal itu disebabkan refleks kita berkurang dan otak kita kurang fokus sehingga kita jadi terlihat seperti orang ceroboh.

Demikian berita yang kami olah dari situs Harian Umum Kompas, tentang tips mengenali tubuh kita, terutama disaat tubuh kita mengalami kelelahan akibat kurang beristirahat. Nah, selamat mengenali tubuh kita terutama disaat kita mengalami waktu untuk tidur. / konstantin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.