27.1.11

Biak Menolak Otsus dan MRP

Ribuan warga dari berbagai gereja dan lembaga adat di Kabupaten Biak Numfor dan Supiori, Papua, pada hari Rabu tanggal 26 Januari 2011, melakukan unjuk rasa ke DPRD Biak. Demonstrasi yang damai ini menilai pelaksanaan otonomi khusus yang telah berlangsung selama 10 tahun di Papua telah gagal. Massa bergerak dari kantor Gereja Kristen Indonesia Klasis Biak Selatan, lalu berjalan berkeliling Kota Biak dan akhirnya menuju Kantor DPRD Biak.

Aksi yang dipimpin langsung Ketua Sinode GKI Wilayah III Papua, Pendeta Max Kafiar ini. sambil menyenandungkan lagu-lagu rohani sambil membawa puluhan poster dan spanduk. Massa menilai pelaksanaan otonomi khusus alias otsus selama 10 tahun dan lima tahun usia Majelis Rakyat Papua telah gagal. Mereka juga menolak proses pemilihan anggota MRP periode baru.

Dalam pernyataan sikapnya di hadapan anggota dewan, massa mendesak pemerintah pusat membuka dialog soal kegagalan otsus dan lembaga MRP di Papua. Demonstran mendesak Presiden Susilo Bambang menjawab 11 rekomendasi hasil Musyawarah Besar MRP dan masyarakat asli Papua pada pertengahan tahun lalu yang salah satunya mengembalikan otsus Papua ke pemerintah pusat. /konstantin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.