16.1.10

IMUNISASI

Bertahun-tahun, pemerintahan Indonesia menggiatkan imunisasi pada anak-anak. Hal positif yang masih terus dilakukan. Tapi tahukah Anda apa itu Imunisasi? Imunisasi adalah pemberian vaksin agar tubuh memiliki kekebalan terhadap penyakit tertentu. Biasanya imunisasi diberikan dengan cara disuntikkan, ada pula yang diteteskan pada mulut. Vaksin merangsang kekebalan tubuh yang nantinya akan melawan kuman penyakit.

Pada saat pergantian musim, anak-anak dan lansia sangat rentan terkena penyakit menular, mulai dari infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), diare, tifus, demam berdarah dengue (DBD), dan penyakit kulit. Dari kelima penyakit itu, hanya ISPA dan tifus yang sudah bisa dicegah dengan imunisasi. Vaksin DBD sudah lama diteliti di Thailand, tetapi hasilnya belum memuaskan.


Berikut ini jadwal imunisasi terbaru yang diwajibkan oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia :

1.Bayi usia 0-7 hari= Imunisasi Hepatitis B 0 (Nol)
2.Bayi usia 1 bulan = Imunisasi BCG
3.Bayi usia 2 bulan = Imunisasi Hepatitis B 1 + DPT 1+ Polio 1
4.Bayi usia 3 bulan = Imunisasi Hepatitis B 2 + DPT 2 + Polio 2
5.Bayi usia 4 bulan = Imunisasi Hepatitis B 3 + DPT 3 + Polio 3
6.Bayi usia 9 bulan = Imunisasi Campak + Polio 4

Ada pula imunisasi lain yang juga disarankan untuk meningkatkan kekebalan tubuh seperti : Imunisasi Influenza, Tifus, Cacar, Kolera, MMR dan lain lain.

Saat ini pun sudah ada kombinasi vaksin yaitu gabungan dari beberapa vaksin dalam satu suntikan. Sistem gabungan ini lebih nyaman dan bisa mengurangi trauma anak. Janganlah cemas saat anak anda harus diimunisasi karena demi pertahanan tubuh si buah hati dari serangan berbagai penyakit. Segeralah konsultasikan dengan dokter demi kesehatan buah hati anda. *** Ody rpk/konstantin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.