17.12.11

Gereja-gereja dari Papua Bertemu Presiden

Tanggal 16 Desember 2011 yang lalu Pimpinan PGI dan para Pimpinan gereja-gereja di Papua berhasil bertemu dengan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono. Presiden yang didampingi Wakil Presiden Budiono, menyertakan beberapa menteri Kabinet Indonesia Bersatu. Peretemuan yang berlangsung kurang lebih 2 jam itu diadakan di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, tempat kediaman Presiden.

Peristiwa yang terkuak melalui konfrensi pers yang diadakan di ruang pertemuan PGI Salemba, Jakarta, tanggal 17 Desember 2011 yang lalu. Menurut Sekretaris Umum PGI, Pendeta Gomar Gultom, pertemuan dengan Presiden berlangsung dengan baik dan penjelasan dari para pemimpin gereja-gereja di Papua sangat. Gultom juga mengatakan bahwa Presiden juga langsung bisa mengerti apa yang disampaikan.

Pada saat pertemuan dengan Presiden yang berlangsung dari pukul 21.00 WIB sampai dengan pukul 23.00 WIB itu, para pimpinan gereja dari Papua dipimpin oleh Ketua Sinode Gereja Kristen Injili di Papua (GKI Papua), Pendeta Jemima Krey, M. Th. Dalam keterangan persnya, Krey menyatakan bahwa pertemuan dengan Presiden berjalan efektif. Pesan dari umat gereja-gereja di Papua juga sudah didengar langsung oleh Presiden.

Maksud pesan dari umat adalah keinginan para umat dari gereja-gereja di Papua yang sungguh menginginkan kemerdekaan. Dari konfrensi pers itu juga, didapati informasi bahwa, aura kemerdekaan dan rasa nasionalisme Papua kian bertumbuh dalam umat gereja-gereja di Papua. Namun demikian, menurut Krey dan rombongan, umat dari gereja-gereja di Papua tetap ingin berdialog. Dan hal tersebut juga sudah disampaikan kepada Presiden.

Gultom pada kesempatan itu juga menggambarkan pertemuan tersebut sebagai pertemuan yang melahirkan perbincangan dari hati ke hati. Sebagai pimpinan PGI yang memfasilitasi, Gultom tampak puas dengan hasil pertemuan antara pimpinan gereja-gereja di Papua dan presiden itu. Dan menutup konfrensi pers itu, ia memaparkan bahwa, akan ada pertemuan selanjutnya di pertengahan bulan Januari tahun 2012, dengan formasi yang sama. ath/konstantin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.