30.8.11

Kristen di Syria

Pandangan keberadaan masyarakat dan negara-negara di Timur Tengah oleh masyarakat Kristen di Indonesia selama ini, bisa  saja hanya diperoleh dari satu pihak, akibat keterkungkungan hidup  dan informasi yang sarat oleh kepentingan kelompok-kelompok, yang sebenarnya masih perlu wacana utuh tentang masyarakat timur tengah, khususnya etnis Arab. Keadaan seperti ini, memang tidak bisa dipersalahkan atau dipermasalahkan, kecuali adanya kesadaran cara pandang objeltif dan benar, melalui informasi tanpa berkepentingan. 


Pengenalan sesungguhnya tentang kebanyakan masyarakat di timur tengah, terutama masyarakat Arab memang terkait dengan Agama Islam, namun sesungguhnya Arab tidak melulu Islam. Karena Kekristenan juga tumbuh dan berkembang bahkan juga dijaga oleh masyarakat timur tengah, terutama etnik Arab. Sebab itu, demi keterbukaan pandangan objektif, KONSTANTIN akan menghidangkan beberapa informasi tentang Kekristenan di Timur Tengah.


Salah satu negara timur tengah yang memiliki masyarakat Kristen adalah negara Suriah. Suriah adalah negara Republik Sosialis Arab yang sesungguhnya telah mengenal Monotheisme sejak berabad-abad lamanya. Menurut catatan BBC, Dan pada kurun waktu yang lama, salah satu monotheisme yang hidup sejak dahulu hingga sekarang di Suriah adalah Kristen.

Masyarakat Kristen di Suriah bukanlah "orang baru"karena, selama berabad-abad masyarakat Kristen tercatat sebagai masyarakat minoritas di tengah-tengan umat agama apapun di Suriah. Dari seluruh masyarakat negeri ini saat ini, smenurut catatan situs Wikipedia, setidaknya 10% dari populasinya adalah masyarakat Kristen. Proporsi pernah diperkirakan menurun di tahun 80an lantaran banyaka masyarakat Kristen beremigrasi sementara tingkat kelahirannya rendah.

Penurunan kwantitasnya lainnya dikarenakan alasan ekonomi atau melarikan diri akibat gerakan politik. Namun saat ini Suriah dianggap sebagai salah satu negara Timur Tengah yang sangat terbuka bagi pertumbuhan masyarakat Kristen. Masyarakat Kristen di negara itu bisa banyak berkarya bagi negara dan masyarakatnya, melalui karir dalam pemerintahan atau pun menjalankan bisnis pribadinya.

Secara menyeluruh, populasi masyarakat Kristen di negara berdasarkan gereja-gereja di Suriah, maka Gereja terbesarnya  adalah Gereja Katolik Yunani, Gereja Ortodoks dan Gaereja Yunani. Ada juga Gereja Suriah Ortodoks kemudian Gereja Katolik Suriah, Gereja Ortodoks Armenia, Gereja Katolik Armenia, Gereja Assyria dan Gereja Kasdim Kristen. ath/konstantin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.