1.8.11

Awas Makanan Penyebab Asam Urat!

Pernahkah Anda dituding sebagai pengidap penyakit asam urat oleh anggota keluarga ataupun teman? Mungkin saja tuduhan itu terlontar lantaran keluhan rasa ngilu pada persendian kita. Biasanya masyarakat meyakini bahwa rasa ngilu pada persendian itu adalah indikasi penyakit asam urat. Namun ternyata hal itu perlu diluruskan! Karena ternyata asam urat tidak selalu berefek rasa ngilu pada persendian. 
Kalau kita ingin tahu tentang asam urat, mungkin kita bisa ikut menelusuri artikel singkat tentang asam urat, yang kami kumpulkan dari beberapa artikel yang terkait.

Asam urat sebenarnya adalah asam yang berbentuk kristal-kristal yang menurut beberapa data, merupakan hasil akhir dari metabolisme purin atau bentuk turunan nukleoprotein yang adalah salah satu komponen asam nukleat. Asam nukleat sebenarnya terdapat pada inti sel-sel tubuh yang secara alami dan di dalam tubuh purin terdapat pada makanan yang berasal dari sel hidup dalam kandungan sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, daging-dagingan, jeroan, dan ikan sarden. 

Dari sini, secara awam kita bisa menyimpulkan bahwa asam urat adalah hasil metabolisme dalam tubuh yang kadarnya berlebihan. Setiap tubuh manusia terkandung asam urat mengingat metabolisme normal dalam tubuh dihasilkan oleh asam urat. Nah, berlebihannya kadar asam urat dalam tubuh biasanya dipicu oleh makanan yang banyak mengandung purin. Dan tubuh kita memiliki 85% senyawa purin yang dubutuhkan tubuh setiap hari dan kebutuhan purin yang berasal dari makanan hanya sekitar 15%.

Peran negara dalam melakukan sosialisasi tentang hal tersebut membuat masyarakat tidak menyadari, sehingga kebiasaan menyantap makanan tidak sehat masih dilakukan masyarakat dengan tanpa beban. Kebiasaan ini terjadi lantaran masyarakat tidak menyadari kandungan yang ada dalam makanan yang disantap bisa mengakibatkan gangguan kesehatan yang dalam hal ini adalah berlebihan asam urat dalam tubuh. Dan ada beberapa jenis makanan juga minuman yang bisa meningkatkan kadar asam urat, antara lain : Minuman yang mengandung alkohol, ikan hearing, telur, dan jeroan.

Ikan hearing atau ikan berkuah kalengan dan jeroan, telah dipastikan sebagai makanan yang memiliki kandungan senyawa purin. Mengkonsumsi jeroan akan menghambat kelancaran kerja enzim hipoksantin yang mengolah purin. Olahan yang tidak maksimal akan membuat sisa asam urat di dalam darah, yang memiliki butiran-butiran yang mengumpul di sekitar sendi dan menimbulkan rasa sakit. ath/konstantin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.