19.8.11

Kurangi Asma Tingkatkan Aktifitas!

Bagi kita pengidap asam, penyakit ini memang bukan halangan untuk beraktifitas apapun. Namun kita juga tidak bisa memungkiri bahwa sering kali asma yang kita derita  mengganggu kegiatan yang kita jalankan. Dan memang,  sampai saat ini belum ada cara yang bisa diterapkan untuk menghilangkan gejala asma. Namun kita bisa bersyukur,
karena ada beberapa cara untuk membantu meringankan beban pada penderita melalu beberapa cara mudah dan murah. Nah, mari kita simak bersama informasi ini bagi kita pengidap asma atau kita yang memiliki kerabat mengidap gangguan asma ini.

  1. Konsumsi lah buah dan sayuran yang banyak. Karena buah dan sayur adalah sumber antioksidan seperti beta karoten serta vitamin C dan E. Semuanya bisa membantu mengurangi pembengkakan di paru-paru dan iritasi atau radang, akibat bahan kimia.
  2. Konsumsi lah vitamin D. Karena penderita asma yang parah, adalah orang yang memiliki kadar vitamin D rendah. Dengan mengkonsumsi sumber vitamin D seperti susu, telur, ikan salmon serta beberapa menit terpapar sinar matahari pagi.
  3. Hindari kandungan sulfit dalam makanan. Sulfit diketahui memicu gejala asma. Bahan pengawet ini menggunakan nama sulfur dioksida, kalium bisulfit atau kalium metabisulfit, natrium bisulfit, natrium metabisulfit atau natrium sulfit. Sulfit biasanya ditemukan pada minuman berkadar anggur, buah kering, udang, selai serta sayuran kaleng.
  4. Hindari makanan pemicu alergi kerena asma biasanya meningkatkan risiko terhadap alergi makanan, dan reaksi alergi makanan bisa menyebabkan gejala asma. Untuk itu kita harus tahu apakah kita memiliki alergi tertentu atau tidak.
  5. Jaga berat badan kita sesuai dengan ukuran kesehatan yang tepat. Kelebihan berat badan memperburuk asma, sama seperti kalu kita kehilangan berat badan yang berlebihan. Jadi ketahuilah berat badan sehat bisa mencegah dan mengontrol asma.
  6. Kurangi asupan garam dan tingkatkan omega 3 tubuh, Mengkonsumsi sedikit garam dan memperbanyak makanan yang kaya omega 3 seperti ikan dan biji-bijian, bisa mengurangi gejala asma.
Demikian beberapa cara yang bisa lakukan untuk mengurangi gangguan aktifitas kita karena adanya asma. ath/konstantin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.