9.9.11

Kristen di Yaman

Masih seputar artikel pengenalan masyarakat Kristen di negara-negara Timur Tengah yang seperti  artikel sebelumnya, artikel ini bertujuan membuka pandangan masyarakat Kristen Indonesia untuk melihat masyarakat Timur tengah khususnya masyarakat Arab dengan jernih. Dan bila sebelumnya masyarakat Kristen di Indonesia hanya mendapatkan informasi dari pihak-pihak yang dipenuhi kepentingan, baik itu kepentingan pimimpinan masyarakat, kepentingan kelompok politik, bahkan kepentingan kelompok keagamaan, artikel ini diharapkan bisa menjernihkan untuk lebih objektif dalam memandang masyarakat Arab di Timur Tengah. Dan untuk kali ini KONSTANTIN menyuguhkan artikel tentang Kekristenan di Timur Tengah yang berada di Republik Yaman.

Yaman adalah negara yang pernah terpisah sebagai Republik Arab Yaman di sebagian kecil di utara dan Repoblik Demokratik Rakyat Yaman di selatan. Masyarakat Republik Yaman kebanyakan keturunan Arab, dengan bahasa resminya Bahasa Arab dan Bahasa Inggris sebagai bahasa kebanyakan masyarakat di kota-kota besar. Daerah sebelah tumur Yaman daratan dan pulau Soqotra serta di beberapa wilayah kuno bagian selatan, juga ada yang menggunakan Bahasa Semit yang diucapkan. Ketika negara itu tepisah, sebagai negara utara dan selatan Yaman, masyarakat Yaman di utara hidupnya sangat bergantung pada kekuatan suku-suku, demikian juga dengan masyarakat di selatan yang selalu menyerahkan kehidupan kebangsaannya pada tokoh-tokoh masyarakat.

Kehidupan masyarakat sebagai masyarakat suku sangat mempengaruhi kehidupan keagamaannya. Dan sebagai masyarakat suku, Masyarakat Yaman sebagai masyarakat budaya mengenal Islam sebagai agama kebanyakan masyarakat Yaman. Suku-suku di Yaman yang terkenal adalah masyarakat di utara Yaman, yang bernama Suku Zaidi, kemudian masyarakat suku keturunan Afrika yang dinamakan Al-Akhdam, kemudian masyarakat Yaman yang beragama Yahudi, sebagai masyarakat minoritas terbesar dengan budaya yang Yahudinya. Sekalipun kecil, masyarakat Yahudi memegang kunci dalam perindustrian perak. Masyarakat Yahudi di Yaman semakin sedikit lantaran kewajiban dari keyakinan mereka yang beremigrasi ke Negara Israel.

Saat ini Yahudi Yaman jumlahnya kian sedikit, dengan catatan terakhir, diperkirakan tinggal ratusan jiwa. Dan kebanyakan Yahudi Yaman tinggal di Sana'a. Namun desa orang-orang Yahudi di Yaman, adalah Bait-baws. Namun secara umum, agama  di Yaman terutama terbesar adalah Islam yang adalah memiliki dua kelompok utama yaitu Islam Sunni yang mendominasi sekitar 53% penduduk Yaman, dan 45% Islam Syiah. Masyarakat Sunni banyak yang menetap di selatan dan tenggara. dan bekas negara utara kebanyakan berada di utara dan barat laut. Sisanya seperti aliran Ismailiyah, masyarakatnya mudah dijumpai di Kota Sana'a dan Kota Ma'rib. Jadi Masyarakat Islam ada 98% dan 1% Yahudi dan 1% lagi berbagi antara Hindu, Kristen, dan yang lainnya.

Konstitusi Republik Yaman sangat membebaskan masyarakatnya untuk memilih agama apapun. Perkembangan dan pengembangan agama apapun sangat di bebaskan. Dan hal itu juga berlaku bagi masyarakat Kristen di Yaman, baik yang berasala dari suku-suku di Yaman atau pun pendatang di negeri itu. Di Yaman, masyarakat Kristennya berasal dari gereja-gereja Katolik Apostolik Arab, yang jemaatnya merupakan masyarakat Kristen Arab. Situs Dunia Kristen juga menyebutkan adanya Gereja Ortodoks Ethiopia. Selain itu juga ada Gereja Protestan, dan Gereja Anglikan. Namun dari keseluruhan masyarakat  Kristen di Yaman, masyarakat Kristen di Yaman, berjemaat di Gereja Ortodoks Rusia sebagai denominasi terbesar di Yaman.Bahkan

Sebagai masyarakat yang dibebaskan menganut keyakinan masyarakat Kristen juga mengambil bagian untuk membangun pelayannya di kota-kota besar. Misalnya di Kota San'a ada pelayanan Gereja Protestan bukan saja hanya ibadah minggu, namun juga menjalankan Misi kekristenan nmelalui sekolan negeri dan sekolah-sekolah Kristen. Bahkan di banyak kota di Yaman, rumah sakit milik lembaga Kristen juga bukan lagi bangunan yang asing buat masyarakat Yaman. ath/konstantin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.