8.2.11

Atasi Stress dengan Tidur yang Cukup

Pekerjaan menumpuk ternyata berakibatkan timbul rasa cemas dan stres yang berlebihan. Nah, untuk mengatasinya, ada hal-hal yang harus kita perhatikan  supaya bisa tidur dengan sehat. dan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur, kita perlu memperhatikan beberapa hal seperti yang terpapar di bawah ini. 

Yang pertama adalah jenis makanan, yang harus mencukupkan produk hewani seperti; susu keju, daging atau ikan. Makanan ini mengandung tryptophan, yaitu asam lemak yang menghasilkan serotonin, yang berfunsi mengendurkan syaraf pada pusat otak. Tryptophan sering disebut “hormon penidur”. Makanan tinggi karbohidrat jadi dapat meningkatkan tingkat serotonin. Dan berlaku mengubah suasana hati, akibat reaksi kimia dalam tubuh yang mempengaruhi perasaan di otak. 

Bila perasaan positif, maka tidur akan lebih mudah. Pola waktu makan yang tepat juga membantu proses tidur. Kedekatan jarak waktu makan dengan waktu tidur dapat meningkatkan metabolisme dan suhu tubuh, sehingga membuat tidur semakin sulit. Sebab itu sebaiknya kita tidak makan, 2 jam sebelum waktu tidur. Jadi makanlah makanan yang tinggi karbohidrat 3-4 jam sebelum tidur, baik itu nasi, cokelat, kentang, atau es krim.

Dan bila anda termasuk yang senang mengemil di malam hari, pilihlah makanan seperti sereal gandum dicampur susu, tofu, bubur gandum, atau roti yang ditaburi wijen. Namun, tetap saja berikan jarak minimal dua jam sebelum tidur karena tryptophan juga membutuhkan Waktu untuk merangsang otak. Tak heran bila muncul ungkapan yang mengatakan bahwa jam kerja paling produktif justru terjadi pada pagi hari hingga waktu sebelum makan siang. ath/konstantin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.