5.2.11

Manfaat Merendam Tubuh bagi Kesehatan

Sebuah penelitian dari inggris menyatakan bahwa merendamkan bagian-bagian tubuh ternyata tidak hanya membersihkan tubuh dari kotoran dan menjauhkan stress. Tapi  membenamkan bagian tubuh ke dalam air juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bahkan membantu kulit kita terhindar dari penyakit bahkan juga menyembuhkan masalah medis yang serius.

Studi yang diterbitkan England Journal of Medicine menunjukkan
bahwa penderita diabetes yang hanya berendam air hangat selama 30 menit, dapat menurunkan tingkat gula darah sebesar 13%. Sebuah penelitian di Jepang juga memaparkan bahwa orang yang berendam air hangat selama 10 menit dapat memperbaiki kesehatan jantung baik pria maupun wanita, selain membantu mengurangi rasa sakit.

Berikut petunjuk mandi sehat yang bermanfaat. Pertama, mandi air hangat sekitar 32 atau 35 derajat Celsius selama 10 sampai 20 menit, dapat membantu membuka pori-pori untuk mengeluarkan toksin. Mandi air hangat juga membantu menurunkan tingkat gula darah, menyembuhkan sakit otot dan membantu menjaga usus besar bekerja dengan baik. Yang kedua, mandi air dingin dengan temperatur sekitar 12 sampai 18 derajat Celsius, sangat baik untuk meredakan ketegangan.

Penyakit kulit seperti eksema, ruam atau gatal-gatal, dapat diatasi dengan mandi air hangat kuku, tambahkan kira-kira satu pound baking soda dan aduk sampai rata. Baking soda atau sodium bicarbonate akan bertindak sebagai antiseptik.  Dianjurkan berendam selama 10-20 menit. Kemudian infeksi yeast seperti sariawan dapat dibantu dengan menambahkan tiga atau empat cuka dari sari buah apel ke dalam bak mandi. Mandi cara ini juga bermanfaat mengeluarkan racun dalam tubuh. Cuka dapat menyeimbangkan kembali asam dengan menambahkan pada air hangat dan berendam selama 15-20 menit.

Bagi yang menderita Flu dan Sakit Kepala, bisa merendamkan kaki dalam air hangat Masukan air hangat secukupnya dalam bak sampai menutupi kaki dan pergelangan kaki tambahkan beberapa tetes minyak seperti lavender, peppermint atau lemon. Setelah selesai basuh dengan air dingin. Lakukan selama 10-20 menit. Khusus penderita Insomnia, kita bisa merendamkan kaki di air dingin hingga kaki terasa dingin. Cara ini berguna bagi kaki lelah, pendarahan hidung, flu dan sembelit.

Dan yang terakhir adalah mandi yang berguna menjaga Sirkulasi tubuh. Cobalah merendam kaki bergantian antara air hangat dan air dingin. Mulailah dengan selama dua menit dalam air hangat, lalu lanjutkan 30 menit dalam air dingin. Kembali lagi 15 menit dengan air hangat kemudian diselesaikan dengan air dingin.ath/konstantin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.