23.2.11

Telefon Genggam Bisa Pengaruhi Emosi

Menggunakan ponsel untuk mengirim pesan singkat ternyata tak hanya membuat tiap orang terkoneksi lebih cepat. Tapi saat mengetik kata-kata di ponsel bisa mempengaruhi emosi, demikian hasil penelitian di Jerman. Misalnya mengetikkan kata "cinta", ternyata bisa menimbulkan perasaan yang sama dalam pikiran kita. Demikian Sascha Topolinski memaparkan.

Penulis dan psikolog di University of Wurzburg, Jerman itu menuliskan beberapa kata dalam bahasa Jerman yang bisa diketik tanpa mengulang huruf dua kali, seperti kata cinta, teman, kotoran dan marah. Para partisipan penelitian yang yakin sedang mengikuti penelitian tentang ponsel ergonomik, diminta mengetikkan beberapa angka dan menilai seberapa menyenangkan melakukannya.

Huruf di ponsel dihilangkan dan hanya angka yang partisipan lihat, sehingga mereka tak mengira angka tersebut berhubungan dengan kata-kata tertentu. Rata-rata para partisipan lebih suka mengetikkan rangkaian angka yang berhubungan dengan kata-kata yang positif. Dengan memasukkan rangkaian angka di ponsel yang bermakna kata-kata positif emosi seseorang mampu mengaktifkan konsep kata ke dalam pikiran para partisipan. Demikian hasil penelitian tersebut yang dipublikasikan di Jurnal Psychological Science.

Topolinski juga mengatakan bahwa penemuan ini berhubungan dengan konsep psikologi yang disebut embodimen, teori yang menyebut sejumlah gerakan tubuh bisa membuat kita berpikir tentang hal-hal tertentu. Misalnya mengepalkan tangan, akan membuat orang berpikir tentang kekuasan. jps/ath/konstantin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.