28.7.11

Pilah-pilih Info Sehat yang Sehat

Sebagai konsumen informasi kesehatan dan pengobatan yang aktif, merupakan langkah memproteksi diri terhadap kegiatan yang tidak mendatangkan kesehatan. Sebagai orang yang berhak mendapat informasi yang menyehatkan hidup kita, kita diharapkan menjadi seorang yang cerdas dalam mengolah dan memilah informasi yang menyehatkan. Hal ini wajar saja, terutama bila kita adalah orang-orang yang memang memiliki perencanaan hidup dengan sehat dalam berkarya diatas muka bumi ini.

Memperoleh informasi kesehatan bukan berarti membiarkan diri kita diarahkan dengan berbagai informasi yang sebenarnya bisa pilih dan kita pilah. Karena tidak sedikit informasi kesehatan itu tidak bermuatan kesehatan dengan sesungguhnya, namun lebih bermuatan informasi kesehatan yang seadanya. Dan biasanya informasi ini lebih mengarahkan pada suatu produksi pengobatan yang sesungguhnya adalh bisnis semata.

Menjadi konsumen kesehatan yang cerdas sangat penting karena bukan saja tak terombang-ambingkan informasi penjualan produk kesehatan, konsumen informasi lesehatan yang cerdas juga bisa membuat kita berada dalam rencana hidup sehat yang terarah. Karena informasi kesehatan yang baik tentunya menyadarkan kita untuk bertindak sehat bila kita memiliki pola hidup yang kurang sehat, atau mengarahkan tindakan ahli dalam mengatasi kesehatan.

Dan informasi kesehatan yang menyehatan adalah informasi yang tidak bermuatan menakut-nakuti untuk  kemudian mengarahkan konsumen sesegera mungkin melakukan pembelian produk kesehatan. Infromasi yang menyehatkan orang-orang yang ingin hidup sehat adalah bukan informasi yang berusaha membuat kita langsung mengorbankan kekayaan saat itu juga, namun justeru bisa merencanakan rekening tabungan medis.

Infromasi kesehatan yang sehat adalah informasi kesehatan yang mendorong kita untuk melakukan pola hidup sehat, kemudian bisa mengarahkan lingkunga baik itu keluarga,tetangga atau lingkup yang lebih luas lagi. Misalnya bisa hidup saling mengingatkan untuk tidak sembarang membuang sampah, tapi bukan untuk membeli tempat sampahnya. Atau bisa mengarahkan kita berolah raga lari sehat, dan bukan memaksa kita datang ke tempat kebugaran dan lainnya.

Dan akhirnya, kita bisa menjadi penikmat informasi kesehatan dengan cara yang sehat dan bukan menjadi konsumen informasi kesehatan yang mudah dipengaruhi oleh informas-informasi yang sebenarnya belum tentu menyehatkan. Nah kehidupan sehat setiap orang tidak tergantung dari informasi sehat namun dari tindakan hidup sehat yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing tubuh manusia. ath/konstantin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.