9.9.10

Cara Sehat Berolah Raga Lari

Mungkin selama ini kita beranggapan bahwa berlari dengan kaki telanjang itu berkesan jorok, dan mengotorkan kaki, kampungan atau menyakitkan kaki. Tapi sebuah penelitian
 Harvard University menyimpulkan bahwa berlari dengan telanjang kaki lebih bermanfaat untuk tubuh dan memperendah resiko cedera.

Kesimpulan tersebut diambil setelah pengamatan terhadap kelompok pelari dari Amerika Serikat dan Kenya. Dengan berlari sejauh 20 Km setiap minggu di mana kelompok dari Amerika Serikat menggunakan sepatu dan kelompok dari Kenya bertelanjang kaki.

Hasil pengamatan itu menyimpulkan bahwa saat kita berlari dengan tidak memakai alas kaki saat menjejakkan kaki, bagian yang lebih dulu menyentuh tanah adalah bagian telapak, baru tumit. dan sebaliknya pelari bersepatu, 75 persen mendaratkan tumit mereka terlebih dahulu. Dan cara mendaratkan tumit ini berisiko menimbulkan cedera.
 
Pelari yang berlari tanpa alas kaki cenderung menghindari mendaratkan tumit terlebih dahulu untuk menghindarkan kaki sakit. Sedangkan sepatu menawarkan kenyamanan sehingga mereka tak lagi mendaratkan bagian kaki depannya.                  ath/konstantin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.