23.9.10

Obesitas Mengancam Generasi Mendatang

Anak-anak yang kelebihan berat badan pada usia empat tahun menghadapi ancaman kesehatan seumur hidup, kata pakar kesehatan. Dr David Haslam yang mengepalai Forum Obesitas Nasional menyatakan bahwa usia empat tahun merupakan waktu penting, karena seorang
 anak yang mulai bersekolah akan ber-perang melawan obesitas, telah kalah. Pola hidup telah dikukuhkan dari awal, saat bersekolah membuat didikan rumah tidak lagi menjadi satu-satunya tempat untuk menentukan makanan yang dikonsumsi anak.

Di Inggris satu dari lima anak telah memulai sekolahnya dengan obesitas. Anak-anak di usia empat tahun saat ini mengalami kegemukan. Anak-anak obesitas ini terancam kesehatan berpotensi besar menderita diabetes tipe 2, dan kanker bahkan sakit jantung. Selainitu juga bermasalah dengan persendian kaki serta masalah psikologis.

Dr Haslam, dari ESCO atau Experts in Severe and Complex Obesity, yang bisa disebut dengan pakar Obesitas Parah dan Kompleksitasnya. Ia mengatakan bahwa tenaga medis yang memeriksa warga dengan cara berkunjung ke rumah rumah sangatlah penting. Itulah sebabnya ESCO melakukannya. Dia memperingatkan bahwa, badan pelayanan kesehatan Inggris atau NHS harus mulai dari awal untuk mencegah kelebihan berat badan masa kanak-kanak. Karena perawatan pada pasien kegemukan yang berusia empat tahun akan lebih sulit dilakukan pada metode penyembuhan jangka panjang.

Dr Carel le Roux dari Rumah Sakit Charing Cross, Inggris mengatakan bahwa, Kehamilan merupakan saat yang pas untuk mendeteksi melalui tenaga perawat yang berkunjung ke rumah, agar bisa menyarankan makanan yang sehat pada calon ibu. Dr Carel le Roux merasa bila tidak menyertakan tenaga perawat pada tahap penanganan awal ini, sama saja NHS telah lalai dalam bertindak.

Ketika ibu hamil tidak bermasalah sebesar 95%, belum tentu tidak mengalami masalah berat badan pada bayi. Kehidupan obesitas bisa terjadi pada janin sebelum lahir ketika. Oleh sebab itu ada baiknya fokus pada perbaikan gaya hidup. Dan kegiatan tersebut bisa dimulai pada usia empat tahun, sebelum menghadapi masalah besar. Demikian tegas Dr Haslam. BBC/konstantin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.