15.9.10

Persiapan Menjelang Operasi Katarak


Satu-satunya cara mengatasi katarak memang hanya dengan melakukan operasi. Karena hingga kini, dunia kedokteran belum menemukan obat penyembuh katarak melalui obat-obatan. Sekalipun demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat  kita menjalankan proses operasi katarak.

Bagi kita yang ingin melakukan operasi tersebut harus terlebih dahulu memperhatikan  atau bahkan menyembuhkan penyakit pemicu katarak tersebut. Hal ini tentunya untuk mengetahui dengan pasti apakah perlu dilakukannya operasi atau tidak. Bila tidak, tentunya dokter tidak akan dianjurkan untuk operasi.

Selain itu juga, hal yang dilakukan untuk menentukan kapan kita bisa menjalankan operasi katarak. Tentunya yang harus dilakukan adalah saat kita sudah  mulai merasa terganggu dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Misalnya,tidak bisa membaca dengan jelas, atau tidak bisa melihat dengan jelas, maka dianjurkan tindakan operasi.

Kemudian apabila operasi telah dilakukan, pasien harus tetap mengontrol penyakit penyebab. Penyakit penyebab atau penyerta Katarak pada umumnya adalah diabetes dan darah tinggi. Penyakit-penyakit ini harus diketahui penderita, guna menghindari kerusakan lensa mata atau bahkan juga retina. ath/konstantin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.