7.6.11

Diet Murah dan Sehat

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat pembakaran kalori dan mengikis lemak dalam tubuh, tanpa menggunakan obat yang mengklaim membantu pembakaran kalori tubuh. Kenyataannya, para ahli menyatakan bahwa, banyak aktivitas adalah cara efektif untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Ada delapan cara sehat yang mempercepat pembakaran kalori :
  1. Olahraga : Cara terpopuler, murah dan efektif. Semakin sering menghabiskan waktu berolah raga semakin banyak kalori yang dibakar. Jalan cepat tiap hari adalah latihan yang disarankan untuk membakar banyak kalori. Selain menguntungkan karena, seusai olah raga tubuh masih terus membakar banyak kalori. Memang, efek berlangsungnya sangat bervariasi. Tapi yang pasti, rata-rata metabolisme tubuh akan meningkat sedikitnya dalam 24 jam.
  2. Latihan beban membentuk otot : Menggerakkan otot membantu membangun massa otot, membakar kalori bahkan saat istirahat sekali pun. 10 pon otot dapat membakar 50 kalori dalam sehari saat tidak bergerak. 10 pon lemak membakar 20 kalori. Aerobik dan latihan beban sangat penting efektif. Salah satu cara memelihara metabolisme adalah dengan memasukkan latihan bebang sedikitnya dua kali seminggu.
  3. Minum Teh Hijau dan Teh Hitam : Teh adalah minuman sehat yang mengandung kafein, yakni stimulan yang meningkatkan jumlah kalori yang dibakar. Kafein juga menimbulkan perubahan metabolisme tubuh yang membakar banyak kalori. Beberapa riset mengindikasikan, teh hijau atau hitam memilih manfaat yang lebih besar ketimbang kafein yang dikandungnya.
  4. Makan sedikit-sedikit, tapi sering : Setiap kali Anda makan atau sekedar mengudap, sistem pencernaan akan bekerja dan mencerna makanan untuk kemudian menyerap nutrisi. Untuk menghidupkan mesin pencernaan dan melakukan proses ini tentu juga dibutuhkan kalori. Sebab itu, semakin sedikit makan, semakin banyak kalori yang dibakar. Banyak ahli percaya bahwa makan sedikit-sedikit  dan sering adalah cara sehatkan dibanding makan besar satu atau dua kali dalam sehari.
  5. Jangan tunda sarapan : Sarapan dengan peningkatan berat badan terbukti memiliki hubungan. Bila kita menunda sarapan, kecenderungan mengkonsumsi kalori di siang, sore, dan malam lebih banyak porsinya. Menunda sarapan berkaitan dengan tingginya indeks masa tubuh para remaja.
  6. Mengkonsumsi susu rendah lemak : Kalsium yang terkandung dalam susu rendah lemak membantu membakar banyak kalori. Mekanisme ini berfungsi dalam dua cara berbeda. Pertama, tubuh akan menyerap lebih sedikit kalori dan lemak dari susu rendah lemak. Kedua, mengkonsumsi makanan berkalsium tinggi termasuk produk susu rendah lemak akan menurunkan lemak perut.
  7. Minum delapan gelas sehari : Minum delapan gelas air atau 2 liter air sehari, membantu membakar 100 kalori. Bayangkan bila kita lakukan dalam seminggu, kita berhasil membakar kalori hingga 700 kali atau sekitar 2.800 dalam sebulan. Namun minum air berlebihan mengancam kesehatan.
  8. Diskusikan dengan dokter Anda. Sebelum menjalani olahraga atau mengkonsumi suplemen diet. Sangat bijak bila lebih dulu pada dokter. Terlebih bila Anda mengidap penyakit tertentu atau sedang menjalani pengobatan.
Dan dari seluruhnya untuk kesuksesan diet Anda adalah, hidup sehat dengan melakukan kiat-kiat tersebut diatas, secara jujur dan disiplin pada diri sendiri. Selamat mencoba! ath/konstantin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.