7.6.11

Makanan Organik Perpanjang Hidup?

Sebenarnya, yang namanya buah dan sayuran memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Namun, beberapa minggu ini kesadaran adanya bahaya dalam makanan ini muncul  mengingat adanya kandungan bahan kimia pada pupuk dan penyemprot hama yang sangat kuat menempel pada buah atau sayuran. Dan bahan kimia ini tentu saja sangat berdampak buruk bagi kesehatan. Namun apakah dengan demikian kita menghadapi kebingungan sosial terhadap makanan sehat yang patut disantap ini? Ternyata tidak juga tuh! Karena belakangan, tekhnologi dan kerjasama pemikiran manusia bisa memberi alternatif makanan dengan hadirnya  makanan organik sebagi solusi alternatif. Inilah buah dan sayuran  yang ditanam tanpa pupuk buatan. 

Makanan ini diyakini mampu menurunkan berat badan dan membuat tubuh lebih sehat, dan panjang umur. Daily Mail, Edisi Sabtu, 21 Mei 2011 yang dikutip situs Tempo Interaktif  memaparkan bahwa, buah dan sayuran organik mengandung lebih banyak nutrisi, termasuk metabolit sekunder dan vitamin C. Metabolit sekunder berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak sel. Sebuah penelitian dari The University of Newcastle menunjukkan temuan ini memiliki pengaruh  baik untuk program melawan kanker payudara.

Makanan organik dinilai mampu memperbaiki kesehatan secara umum, kemudian secara efektif mendorong pembakaran lemak pada tubuh. Makanan organik juga mengandung fenolat, tanin, flavanon, karotenoid dan resveratrol yang berfungsi sebagai pembakar lemak dan dikatakan membantu mencegah kanker, diabetes dan penyakit jantung. Sebagai rata-rata, kebiasan yang sehat ini mampu memperpanjang rentang hidup seseorang hingga 25 hari untuk laki-laki dan 17 hari untuk wanita. 

Beberapa penelitian juga pernah menyatakan bahwa, dengan adanya makanan organik ini umat manusia dipercayai bisa memperpanjang hidup selama beberapa bulan  bahkan bisa memperpanjang hidup hingga 5 tahun. Makanan organik mengandung 12 persen metabolit dan 6 persen vitamin C lebih tinggi. Selain bermanfaat bagi kesehatan, sayuran dan buah organik juga ramah lingkungan dan menjaga kelangsungan hidup hewan serta binatang. ath/konstantin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.