28.6.11

10 Kiat Olah Raga Rutin yang Stabil

Untuk mendapatkan kecocokan berolah raga, biasanya kita memerlukan waktu beradaptasi melalui latihan-latihan, hingga memperoleh kecocokan berolah raga. Masalahnya, masyarakat modern banyak yang kehilangan motivasi untuk melakukan olah raga secara stabil. Sebuah penelitian memaparkan bahwa hanya 19% dari masyarakat dunia saat ini yang melakukan olah raga rutin, sekalipun hanya sekali dalam satu minggu.

Nah demi memperlancar kesehatan gerakan, kita dengarkan kiat khusus yang bisa mendorongan kita melakukan kegiatan olah raga dengan stabil dan secara rutin.  Kiat-kiat dari situs Life Mojo ini, akan memperdengarkan 10 cara agar kita giat berolah raga secara rutin.
  1. Jangan berolah raga seorang diri : Motivasi terbesar manusia adalah persahabatan. Jadi pastikan Anda berolah raga dengan teman atau dengan pelatih. Munculkan tantangan satu sama lain sebagai motivasi, atau jadwal hari libur tiap minggu untuk bertemu seorang teman guna melakukan olah raga bersama.
  2. Buat Monitoring terukur yang tujuannya bisa mengukur kemajuan usaha kegiatan rutin ini. Seperti memonitoring kegiatan kerja, kegiatan ini juga membutuhkan tujuan kecil yang mengarah pada suatu keberhasilan jangka panjang, yang tentunya adalah kesehatan dalam hidup ini. Dengan monitoring ini, kita akan mengetahui pasti perkembangan dari olah raga gutin kita. Contoh sederhananya adalah melakukan latihan 30 menit dan makan buah dengan setiap makan.
  3. Kita bisa melakukan olah raga dengan tidak merubah kebiasaan kita yang menggunakan waktu-waktu sebagai masyarakat modern. Misalnya dengan niat yang baik, kita mau mengganti waktu kita untuk browsing situs web atau ber-twitter dan ber-facebook ria dengan berolah raga. Begitu juga dengan metodenya, seperti ber-twitter dan ber-facebook ria, jangan sembunyikan kemajuan kegiatan olah raga rutin kita dalam berolah raga. Dan tentu, kegiatan-kegiatan ini bisa ada tuliskan di status Facebook kita.
  4. Jangan terburu-buru untuk menggapai tujuan olah raga rutin kita : Mulailah dengan latihan sederhana dan bertahap ditingkatkan durasi dan intensitasnya.
  5. Kreasikan rutinitas olah raga agar bisa dijalankan dengan dan tidak menjenuhkan. Misalnya tidak hanya di dalam gym, bisa juga kita selingi di taman atau dalam perumahan, dan sebagainya. Karena sesungguhnya, tubuh kita membutuhkan variasi seperti halnya pikiran kita.
  6. Jangan lupa untuk tidur yang cukup. Gerak olah raga yang kita lakukan akan terpengaruh jika dalam kondisi lelah. Akan terasa lebih mudah melakukan olah raga dengan kebugaran tubuh dan pikiran kita.
  7. Mulailah melakukan olah raga yang Anda tidak sukai: Karena melakukan olah raga yang kita suka akan membuat kita selalu mampu melakukan yang kita suka. Lain halnya dengan melakukan yang tidak kita suka, yang akan dengan sendirinya menambah kwalitas hasil dari gerakan-gerakan olah raga kita.
  8. Bergabunglah dengan komunitas yang memiliki ketertarikan yang sama. ini gunanya untuk menjaga komitmen selain untuk lebih mengenal hal-hal baru dalam melakukankegiatan rutin kita ini. Misalnya dengan Forum Kebugaran Online.
  9. Hal yang penting adalah; jika latihan kita tidak berjalan dengan baik, jangan menyerah! Jadilah kreatif dan cocok dalam beberapa latihan di kemudian hari. Tidak ada gunanya memiliki jadwal yang kaku. Mungkin saja akan ada hal baru yang muncul saat melakukan kegiatan yang kreatif ini. 
  10. Bubuhkan juga kegiatan yang bersaing dalam permainan dengan partner olah raga kita. Sebuah kompetisi kecil dengan teman latihan, tidak ada salahnya!
Ingat kita tidak perlu menghabiskan jam kerja, kita bisa mencapai mencapai manfaat sehat dengan sesi 20 sampai 30 menit untuk latihan tiga kali seminggu. Jangan ambil latihan sebagai dorongan tapi, ambillah kegiatan ini sebagai kegiatan yang menyenangkan. Dan ingatlah! Program latihan latihan ini tidak akan sukses tanpa fokus pada tujuan kita! ath/konstantin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.