15.10.10

Awas Keringat Berlebihan


Apa bila Anda memiliki keringat berlebih, namun mengetahui penyebabnya, bisa jadi tubuh Anda terlalu banyak mengandung garam. Karena tubuh yang terlalu banyak mengandung garam bisa menghasilkan tubuh yang berkeringat secara berlebih. Secara alami, garam tubuh atau natrium klorida berfungsi membantu kontraksi otot-otot tubuh, juga membantu perjalanan impuls saraf dan memainkan peranan penting dalam menjaga cairan tubuh.

Hanya saja, jika garam dikonsumsi berlebih justru menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Seseorang yang terlalu banyak mengkonsumsi garam akan membuat tubuhnya menjadi kering atau kekurangan cairan yang berakibat gangguan jantung, stroke serta gangguan tekanan darah. Hal ini terjadi karena garam bersifat melakukan penyerapan air dalam tubuh dan dikeluarkannya dalam bentuk urine dan keringat. Jadi semakin banyak mengkonsumsi garam maka, akan semakin banyak mengeluarkan keringat dan urin.

Pada saat terlalu banyak mengkonsumsi garam, maka saat dikeluarkan bersama keringat, sel kulit, air dan lemak, maka proses pengeluarannya tersebut hingga mencapai folikel rambut di permukaan kulit. Dan jumlah garam yang dikeluarkan lewat keringat ini bervariasi. Beberapa orang ada yang berkeringat lebih banyak dibandingkan lainnya. Ini disebabkan jumlah keringat yang keluar dipengaruhi oleh suhu di luar dan juga genetik. Kandungan utama dari keringat adalah natrium klorida atau dikenal dengan nama garam dapur. Karena itu jika seseorang terlalu banyak mengkonsumsi garam maka keringat yang dikeluarkan tubuh juga bertambah.

Para pakar kesehatan sepakat untuk memberikan rekomendasi penggunaan garam per hari berdasarkan usia seseorang, yaitu sebanyak 7-12 bulan sebanyak 1 gram. 1-3 tahun sebanyak 2 gram, usia 4-6 tahun sebanyak 3 gram, usia 7-10 tahun sebanyak 5 gram, usia 11-14 tahun sebanyak 6 gram dan orang dewasa sebanyak 6 gram.  ath/healthstuff.com/konstantin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.