15.10.10

Awas Penyebaran Penyakit!

Tumpukan sampah menggenang adalah tempat nyaman bagi bakteri, kuman dan virus penyakit untuk berkembang biak yang akhirnya menyebarkan penyakit. Penyebaran penyakit oleh bakteri, kuman dan virus dikenal sebagai infeksi pada manusia yaitu; kolonisasi atau penyerbuan spesies asing terhadap organ induk yang membahayakan. Dikatakan membahayaka karena, organisme penginfeksi itu  menggunakan organ yang ada pada bagian tubuh yang didiaminyauntuk memperbanyak keturunan. Makhluk-makhluk ini biasa dikenal dengan sebutan Organisme patogen.

Organisme patogen, secara klinik tidak tampak, namun penyebarannya menyebabkan infeksi tubuh manusia. Penyebarannya tersebut melalui kulit, saluran gastrointestinal, pernapasan, urogenital dan jalur yang terbentuk saat hamil. Setelah berada dalam tubuh manusia organisme patogen tersebut melakukan penyerangan terhadap sel dan jaringan host hingga mengalami kerusakan yang pada akhirnya menimbulkan penyakit, khususnya penyakit pada musim hujan yang antara lain;

Tetanus, yang disebabkan oleh virus Clostiridium Tetani yang banyak ditemukan di tanah, kotoran manusia dan hewan peliharaan. Bakteri ini masuk ke dalam tubuh melalui luka terbuka.

Disentri, yang disebabkan makanan yang terinfeksi parasit entamoeba hystolytica melalui debu, lalat atau serangga lainnya. Kemudian dikonsumsi seseorang yang akan mengalami peradangan usus besar, yang ditandai dengan sakit perut dan buang air besar yang encer.

DBD atau Demam Berdarah, yang disebabkan nyamuk Aedes Aegypti yang sering berkembang biak di dalam genangan air. Nyamuk Aedes Aegypti menginfeksi tubuh manusia yang menimbulkan gejala panas secara tiba-tiba dan sakit kepala hebat. Otot dan persendian juga diserang virus ini, hingga penderitanya mengalami sakit sendi yang disebut dengan myalgia dan arthalagia.

Pencegahan penyakit berbahaya di musim hujan ini diakibatkan dari pola hidup yang salah, seperti membuang sampah sembarangan, tidak mencuci tangan ketika akan makan dan buruknya sanitasi atau pembuangan saat musim hujan. Pencegahan beberapa peyakit diatas adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dan selalu membuang sampah di tempatnya. ath/konstantin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.