16.10.10

Perawatan Payudara Setelah Ibu Melahirkan

Perawatan payudara setelah ibu melahirkan sangat penting, karena perawatan ini bertujuan agar payudara senantiasa bersih dan mudah untuk dihisap oleh bayi. Banyak ibu yang mengeluhkan bayinya tak mau menyusui, padahal hal ini bisa disebabkan oleh posisi puting susu yang tidak sesuai posisinya atau bahkan pengaruh asupan nutrisi dan kondisi psikologis ibu.
Namun demikian, perlu juga tindakan perawatan payudara guna memperlancar pengeluaran ASI. Lakukan sedini mungkin setelah melahirkan selama 1-2 hari. Siapkan Minyak kelapa bersih atau baby oil, sebuah gelas, air hangat dan air dingin dalam baskom kecil terpisah, Handuk mandi bersih 2 buah, Kapas, Washlap atau handuk kecil untuk kompres.

Kompres puting susu dengan menggunakan kapas yang sudah dibasahi minyak atau baby oil selama 1 sampai 2 menit. Setelah itu, siapkan diri untuk melakukan pengurutan payudara. Mengurut payu dara dilakukan dalam empat bagian.

Pengurutan Pertama : Licinkan kedua tangan dengan minyak, kemudian tempatkan kedua tangan di antara payudara, lakukan pengurutan dengan menekan secara lembut, mulai kearah atas, lalu telapak tangan kiri kearah kiri dan telapak kanan kearah kanan. Lakukan pengurutan kebawah dan kesamping. Lakukan hal ini berulang-ulang dengan masing-masing 20 sampai 30 gerakan untuk tiap tiap payudara.

Sekarang Pengurutan Kedua : Topanglah payudara kiri dengan tangan kiri dan tangan kanan mengepal sambil mengurut dengan buku-buku jari pangkal kearah puting susu. Lakukan hal yang sama dengan payudara sebelah kanan.
Ulangi gerakan ini masing-masing 20-30 gerakan untuk tiap payudara. Pengurutan Ketiga : Pegang pangkal payudara dengan kedua tangan lalu urut dari pangkal kearah puting sebanyak 1 kali.

Dan kini Pengurutan Keempat Pijat puting susu hingga keluar cairan ASI dan tampung dengan tempat yang bersih atau gelas. Akhirnya proses Pengompresan : Kompres kedua payudara dengan handuk kecil hangat selama 2 menit, lalu ganti dengan kompres air dingin 2 menit dan terakhir kompres lagi dengan air hangat 2 menit. ath/konstantin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.