16.10.10

Pendeta Markus Frits Manuhutu Pimpin GPIB

Dari Persidangan Sinode ke sembilan belas Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat atau PS XIX GPIB yang telah digelar di Jakarta Convention Center (JCC), berlangsung pada tanggal 11 Oktober sampai dengan 16 Oktober 2010 lalu. Persidangan yang diikuti sekitar 900 utusan yang berasal dari 301 Gereja Induk GPIB yang tersebar dari Sabang sampai Baubau dan dari Natuna hingga Cilacap.
Persidangan Sinode yang menghadirkan 24 Musyawarah Pelayanan atau MUPEL GPIB, yaitu wilayah pemetaan kegiatan pelayanan ini, diselenggarakan oleh tuan rumah yang kali ini dipercayakan pada Mupel Jakarta Selatan. Dalam pelaksanaannya, Kegiatan yang dikoordinasi Mupel Jakarta Selatan ini, ternyata juga melibatkan Mupel di 4 wilayah Jakarta lainnya. Acara pembukaan yang awal rencana dilakukan oleh Presiden RI, ternyata hanya diwakilkan oleh Menteri Agama, Surya Dharma Ali, di Plenary Hall, JCC. Selayaknya kegiatan gerejawi, Ibadah pembukaan mendahului atraksi-atraksi tari tarian yang bernuansa budaya Betawi. Perjalanan Persidangan lima hari ini dihadiri seribu lebih peserta persidangan.

Persidangan Sinode GPIB yang diselenggarakan setiap 5 tahun sekali ini telah berhasil memilih kepungurusan Majelis Sinode GPIB masa pelayanan 2010 - 2015. Tentu sebelum berlangsungnya pemilihan kepungurusan Sinodenya, persidangan ini juga membahas bidang teologi, tentang pemahaman iman GPIB, juga bidang misiologi yang membahas pokok-pokok kebijakan umum panggilan dan pengutusan atau yang disingkat dengan PKUPPG yang adalah panduan pelayanan seluruh GPIB dalam di tanah air. Dan tentunya, persidangan ini juga membahas bidang eklesiologi, yaitu tentang tata gereja GPIB.

Pada persidangan ini, di hari terakhir, yaitu tanggal 16 Oktober 2010, Persidangan Sinode GPIB XIX berhasil melakukan pemilihan dan menetapkan kepunguran Majelis Sinode GPIB masa pelayanan 2010 - 2015, sebagai berikut ;

Ketua Umum: Pendeta Markus Frits Manuhutu
Ketua I: Pendeta Martinus Tetelepta
Ketua II: Pendeta Poltak Halomoan Sitorus
Ketua III: Pendeta Rudy Ririhena
Ketua IV: Penatua Richard Van Der Muur
Ketua V: Penatua Tony Waworuntu

Sekretaris Umum: Pendeta Adriaan Pitoy
Sekretaris I: Pendeta Jacoba Marlene Joseph
Sekretaris II: Penatua Johan Tumanduk

Bendahara: Penatua Adrianus Nelwan
Bendahara I: Penatua Ronny H. Wayong

BPPG: Ventje G. Rombot, Shirley Van Houten, Rocky Sambuaga

Demikian hasil Persidangan Sinode Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat yang berlangsung selama 5 hari, terhitung sejak tanggal 11 Oktober sampai dengan 16 Oktober tahun 2010. SELAMAT MELAYANI TUHAN MELALUI JEMAATNYA. gpib@yahoogroups.com/pda/ath/konstantin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.