14.10.10

Chicken Pox


Chicken Pox atau Cacar Air adalah penyakit yang gampang menular pada kita yang baik dalam ruang tertutup maupun terbuka. Oleh sebab itu, itulah sebabnya para dokter sering menyarankan para penderitanya untuk tidak berada di luar rumah atau bahkan di luar kamarnya. Cacar air disebabkan virus Varicella zoster yang menyebar melalui udara yang biasanya para dokter meminta penderita untuk beristirahat selama 7 sampai 10 hari. Cacar mulai menular pada 1 sampai dengan 2 hari sebelum luka cacar muncul. Gejala awal yang ditimbulkan adalah Saat-saat si penderita merasakan pusing, mual dan badan terasa tidak enak.

Perlu diketahui bahwa, saat pusing, mual dan terasa tidak enak badang menyerang, saat itulah, si penderita berpotensi menularkan ke orang lain. dan masa-masa itulah penularan yang akan terus bergulir sampa pada fase tubuh penderita muncul cacarnya. kemudian hilang dan kulit bekas-bekas cacarnya mengelupas. Kondisi-kondisi si penderita bisa menularkan ke orang lain itu bisa terjadi dalam kurun waktu 2 minggu, sekalipun juga daya tahan tubuh juga mempengaruhi. bahkan yang daya tahan tubuhnya lemah, bisa berlangsung dalam waktu lebih lama. Pada orang dewasa penyakit cacar lebih lama sembuh dibandingkan dengan anak-anak, lantaran daya tahan tubuh orang dewasa memiliki penurunan seiring usia dan kesibukan.

Cacar menulari siapa saja yang memiliki daya tahan tubuh lemah, tidak memiliki antibodi dan ibu hamil. Dan pada ibu hamil, infeksi cacar bisa mempengaruhi janin yang dikandungnya. Seorang ibu Hamil yang tertular pada trimester pertama bisa menyebabkan risiko sindrom varicella kongenital. Sindrom varicella kogenital adalah cacat lahir pada bayi pada kepala, mata, berat badan lahir dan keterbelakangan mental. Jika tertular pada trimester ketiga ia memiliki risiko lebih besar terkena pneumonia varicella. Infeksi ini berpotensi mengancam kehidupan paru-paru sang ibu, atau bayinya akan lahir dengan cacar. Jika virus cacar menular dari penderita HIV, maka gejala yang timbul lebih berat. 
Dari banyak kasus, mereka yang pernah terkena cacar, memiliki kemungkinan tidak tertular kembali karena, di dalam tubuhnya terbentuk antibodi untuk penyakit cacar. Namun yang terpenting adalah dalam pencegahan penularan cacar, daya tahan tubuh seseorang harus bisa diperkuat melalui pola hidup sehat tentunya.ath/konstantin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.