29.4.10

Obesitas Mendorong Bunuh Diri pada Remaja

Seputar masalah depresi pada remaja. ternyata tidak berhenti pada kelengkapan anggota keluarga yang dimiliki, namun juga menyangkut masalah tampilan fisik. Dalam beberapa tahun terakhir ini, Amerika Serikat dan Eropa sedang dirundung epidemi obesitas yang mengkhawatirkan kehidupan mereka. Dan memang, remaja yang memiliki kelebihan berat badan, beresiko tinggi untuk melakukan bunuh diri. Dan yang lebih membahayakan lagi, resiko ini juga dialami oleh remaja yang merasa dirinya mengalami kelebihan berat badan, walau sebenarnya tidak.
Menurut Journal of Adolescent Health, lebih dari 14.000 siswa setara SMA memiliki keinginan untuk melakukan bunuh diri, sehubungan dengan indeks massa tubuh atau Body Mass Index atau BMI. Amerika Serikat dan Eropa yang mengalami permasalah obesitas pada remaja, tampaknya menemukan masalah besar, sejalan dengan semakin banyaknya anak-anak dan remaja di negara-negara tersebut yang mengalami kelebihan berat badan dan obesitas. Permasalahan tersebut, secara nyata telah menghadirkan masalah kesehatan mental dan dan ancaman bahaya bunuh diri akibat malu tidak menemukan ukuran baju untuk dirinya di toko-toko pakaian. Dan Pusat Berita Harian Swahn, memaparkan tentang kecenderung masyarakat yang mengabaikan hal ini, yang menurut harian tersebut justeru dapat memperburuk kesehatan mental para remaja, selain memperlambat pencegahan melalui pelayanan yang seharusnya disediakan.

Hatim Omar, MD, kepala Divisi Adolescent Medicine di University of Kentucky, mengatakan bahwa rasa percaya diri pada remaja, dapat dengan mudah diruntuhkan oleh obesitas yang meningkatkan dalam kehidupan remaja. Dan pencegahan yang nyata dalam masyarakat, hanya dapat dilakukan oleh peran serta mereka yang mengalami kelebihan berat badan, ataupun juga semua masyarakat, dengan menanamkan kesadaran akan bahaya yang ditimbulkan dari berat badan. Dengan menemani mereka yang memiliki kelebihan berat badan untuk hidup lebih sehat, dan membantu mengembalikan keseimbangan berat badan mereka dengan cara membantu menyemangati mereka dalam menurunkan kelebihan berat badan. Demikian cuplikan berita yang diolah dari berbagai sumber.                                                                   ath/konstantin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.