24.8.10

Menangkal Kehadiran Depresi

Untuk menangkal kehadiran depresi dalam kehidupan ini perlu dilakukan, lantaran data yang menyebutkan bahwa, data pertambahan jumlah pengidap gangguan jiwa kian bertambah. Menurut data, gangguan jiwa awalnya terpicu depresi akibat masalah ekonomi. Yang mengalami masalah ekonomi kebanyakan dipaksa memenuhi ini itu atau pembayaran ini itu, namun lupa, bila hal ini dipaksakan pasti berujung pada pembayaran pengobatan dan terapi.

Sekalipun ada yang menawarkan gratis untuk mengatasi depresi, minimal biaya ongkos perlu kita keluarkan. Oleh sebab itu, perlu kita ketahui beberapa cara untuk mengantisipasi keadaan depresi, melalui Info Sehat ini. Tidak mempersalahkan diri sendiri adalah cara paling sederhana, termurah, dan ampuh menangkal depresi. Cara kita mengenyahkan perasaan itu adalah dengan proaktif dan sabar.

Kemudian carilah orang yang bisa dipercaya untuk mencurahkan isi hati. Namun perlu kita ketahui bahwa tempat mencurahkan isi hati yang tepat adalah orang-orang yang berada satu atap dengan kita baik itu pasanagan hidup atau orang tua bahkan anak kita. Dengan mencurahkan isi hati, tentu masalah kita bisa lebih baik ketimbang memendam karena, bila tempat kita mencurahkan hati tak memahami ataupun membantu menyelesaikan persoalan, meskipun sedikit mereka pasti akan menyemangati dan mendukung kita.

Kegiatan yang paling sulit dilakukan seperti olah raga, sebenarnya sangat membantu perasaan kita lebih baik. Menurut penelitian, olahraga membuat kita lebih baik selama 10 jam ke depan. Kemudian juga jangan buat keputusan dalam keadaan yang tinggi kwantitas kerjanya. Depresi bisa mempengaruhi persepsi dan penilaian terhadap sesuatu. Maka, akan lebih bijak untuk tak memutuskan apa pun hingga Anda merasa lebih baik. Tapi bila memang harus, jangan tergesa-gesa karena, bisa kita bicarakan terlebih dahulu dengan yang kita percaya misalnya, psikolog, keluarga, atau sahabat.

Salah satu ciri orang depresi adalah cenderung mengabaikan kesehatan. Padahal hal itu justru berbahaya karena memperburuk kondisi yang akan memunculkan penyakit-penyakit yang lebih serius seperti diabetes dan jantung.

Melakukan kegiatan rutin juga membantu kita yang mengalami depresi. Jadi lakukan kegiatan rutin setiap hari. Berjalan-jalan, belanja, bekerja atau mencuci, akan membantu kita dari kecenderungan menyendiri di kamar. Lakukan ini untuk menormalkan kondisi. Kemudian juga segala hal yang kita makan juga berpengaruh pada otak kita. Makanlah makanan yang sehat dan seimbang gizi dan kaya serat, seperti buah, sayur juga ikan dan suplemen minyak ikan yang dapat membantu mengatasi depresi.

Kemudian juga, hindari narkoba dan alkohol, yang mendorong daya hayal lebih tinggi dan mempengaruhi otak dan akan menciptakan masalah lain pada hubungan dengan orang lain, dengan pekerjaan, dan yang lainnya. Usahakan tidur yang cukup dan bangun sesuai dengan jadwal. Tentu kita harus menghindari aktivitas yang berlebihan saat menjalani aktivitas seperlunya. Jika pekerjaan menumpuk, lakukanlah cecara bertahap jangan sekaligus, atau mintalah cuti beberapa hari demi kembalinya semangat kerja yang kita miliki

Rutinitas ibadah antara kita dan Yang Maha Kuasa tentunya perlu diperkuat dan dikondisikan lebih serius. Karena keyakinan terhadap seseorang memiliki keterbatasan akan membuat kita mudah kecewa. Dan ketergantungan dalam Tuhan akan membantu mengatasi segala depresi.
     ath/konstantin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.