5.8.10

Mengenal Kelainan Kelenjar Tiroid

Thyroid atau Kelenjar Tiroid adalah sebuah kelenjar endoktrin yang mengatur hormon di seluruh tubuh. Terletak di bagian depan leher, diantara dagu dan tulang bagian depan leher, berbentuk sepertikupu-kupu. Bila gangguan menyerang kesehatan tiroid, ada  yang keram, bengkak-bengkak dan yang lainnya. Dan secara umum, menurut dr. Marlinda Adham, Sp. THT, kelainan pada kelenjar Tiroid diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu Hipotiroidisme atau kekurangan kelenjar dan Hipertiroidisme atau kelebihan kelenjar. Dan semua masyarakat perlu mengetahui tentang keberadaan gangguan kesehatan yang semua orang berpotensi mengalaminya.

Dr. Marlinda yang juga dokter di RS. Medistra dan RSCM ini mengatakan bahwa, untuk mengetahui kelainan kelenjar Tiroid, kita bisa melihat bentuk leher kita, yang memang sangat sulit bagi yang berleher pendek atau bertubuh gemuk. Sebab itu pada banyak kasus, penderita kelainan kelenjar Tiroid baru mengetahui setelah ada yang memberitahu  tentang keanehan bentuk lehernya. Biasanya kelenjar Tiroid terletak pada bagian tengah leher yang tentunya sulit dibedakan dengan keberadaan jakun pada pria. Tapi pembesaran kelenjar Tiroid berbeda dengan jakun, dan biasanya terlihat jelas letaknya, lunak bila diraba dan biasanya membesar, dan sda juga yang bentuknya mirip kupu-kupu. Pada kasus ini, bagian tengah nya terdapat kelenjar Ismus atau penyambung antara Kelenjar Tiroid kanan dan kiri. Bila membesar di Ismus, maka akan terjadi pembesaran di bagian tengah.

Menurut dokter Marlinda, kelainan kelenjar Tiroid terlihat naik turun saat penderita menelan. Banyak sumber yang menyebutkan bahwa, kelenjar Tiroid sering menjangkit pada wanita dan menyerang mereka yang berusia kurang dari 20 tahun atau lebih dari 70 tahun. Kita yang pernah terjangkit gangguan tiroid pada usia remaja, sebaiknya  memeriksakan kembali saat usia senja. Karena kemungkinan benjolan berubah menjadi ganas. Kelainan Kelenjar Tiroid dikenal dua macam, yaitu; Hipotiroidisme yang gejala nya  kulit kering, keram, bengkak-bengkak di kulit, dan apabila sampai parah akan menimbulkan gangguan fungsi mental. Lalu Hipertiroidisme yang gejala nya jantung berdebar, cemas berlebihan, dan mata menonjol. Bila ada tanda-tanda seperti ini, kita harus sesegera mungkin memeriksakan diri, guna mengetahui ada tidaknya infeksi yang terjadi di kelenjar tiroid yang biasa desbut gondok yaitu, proses pembesaran kelenjar tiroid.

Obat-obatan yang biasa diberikan dokter adalah obat-obatan guna menahan rasio metabolisme atau metabolic rate yg meningkat. Konsumsi obat ini bisa terjadi seumur hidup tergantung dari keadaan fungsi hormon tiroid nya.  Dan anak-anak yang terserang kelainan Kelenjar Tiroid harus mengontrolkan diri ke bagian Endoktrin Anak. Dokter biasanya memberikan obat sesuai dengan tipe kelenjarnya. Maka, segera lah periksakan ke dokter, apabila Anda menemukan benjolan di tubuh Anda. Jangan anggap remeh! Apalagi bila benjolan ini sudah lama terdapat di tubuh Anda dan terasa nyeri! Sehingga, apabila masih jinak, maka dapat segera diatasi.
                    hla/ath/konstantin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.