23.8.10

Ngemil Merusak Pola Waktu-waktu Makan

Aktivitas padat dan tekanan hidup dalam rutinitas, tentunya membuat kebanyakan orang cenderung tak memperhatikan pola makan yang sebenarnya sangat membutuhkan perhatian penuh. Masalah umum mereka yang aktif adalah melewatkan sarapan, terlambat makan siang, lupa makan malam, dan banyak mengkonsumsi makanan berlemak. Kebiasaan-kebiasaan tersebut akan berakibat penyakit-penyakit serius seperti diabetes, hiperlipidemia, dan asam urat.

Survei yang dilaksanakan di Negeri China membuktikan bahwa, gaya hidup seperti ini ternyata ditimbulkan dari kebiasaan mengemil. Karena saat mengemil, yang sedikit demi sedikit, pada akhirnya menjadikan porsi makan yang banyak. Cemilan adalah makanan sambilan yang bukan makanan utama itu, ternyata mendominasi pencernaan tubuh tanpa disadari kita yang melakukannya. Sehingga pada saatnya makan, keinginanan makan telah sirna lantaran alat-alat pencernaan tubuh telah dikuasai dalam tanda pertik, oleh makanan cemilan tadi.

Oleh sebab itu, dapat diartikan terbalik bahwa, bila kebiasaan mengemil bisa dikurangi maka, pola makan sehat akan menjadi gaya hidup kita, saat menjalani kehidupan yang padat dalam rutinitas yaitu, dapat mengindahkan waktu makan dengan pola waktu makan yang sehat khususnya untuk sarapan dan makan malam yang merupakan dua konsumsi penting dalam menyantap makanan dalam sehari. Jadi kurangi kebiasaan mengemil, agar kita bisa hidup lebih produktif di tengah-tengah aktifitas kita yang padat dalam kehidupan ini. ath/konstantin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.