16.6.10

Adiktif pada Makanan

Tanpa kita sadari, banyak makanan favorit kita ternyata mengandung bahan adiktif yang membuat candu. Tentu hal ini berbahaya karena membuat nafsu makan tak terkendali. Bahkan lebih dari itu juga bisa memicu kenaikan berat badan. Oleh sebab itu, ada baiknya kita bisa menghindari makanan yang mengandung bahan-bahan sebagai berikut;
Sodium nitrit. Bahan kimia yang berfungsi sebagai pengawet, pewarna, dan cita rasa pada daging ini, banyak terdapat pada produk olahan daging dan ikan asap. Tidak hanya membuat candu tapi juga meningkatkan risiko kanker. Jadi, kurangi konsumsi daging olahan. Butylated Hydroxyanisole atau BHA dan Butylated Hydrozyttoluene atau BHT,  adalah antioksidan pencegah bau tengik dan berminyak. Bahan kimia ini terdapat dalam produk sereal, permen karet, keripik kentang, dan minyak sayur.

Propyl gallate juga termasuk pengawet makanan dalam kemasan. Fungsinya seperti BHA dan BHT, dan sering digunakan bersamaan. Bahan ini juga terdapat pada produk daging olahan, permen karet, dan kaldu ayam kemasan. Monosodium glutamat atau MSG yang biasa digunakan sebagai penyedap masakan ini mengandung zat adiktif. MSG bahkan bisa memunculkan gejala alergi, seperti sakit kepala dan mual. Untuk itu kurangi penggunaan MSG dalam masakan. Anda bisa menggunakan bahan-bahan segar untuk mendapatkan cita rasa lezat tanpa MSG.
    ath/konstantin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.