16.6.10

Postur Tubuh dan Kekusaaan

Pernahkah mendengar nama Kaisar Hirohito, Kaisar Napoleon Bonaparte, Fuhrer Adolf Hitler dan Benito Mussolini? Ya! Mereka adalah tokoh dunia yang dikenal sebagai penguasa. Ada teori yang membenarkan bahwa mereka bertubuh pendek dan juga dipercaya mengalami short humman syndrome atau sindrom orang pendek. Yaitu suatu kondisi psikologis yang terjadi di sekitar orang bertubuh pendek yang ingin menunjukan ketinggian eksistensi dengan cara ingin menguasai sesuatu dibanding orangyang berukuran normal.


Teori sindrom orang pendek ini menurut ilmu psikologi terjadi di beberapa orang yang memiliki tubuh pendek. Selain disebut sebagai sindrom orang pendek, sindrom ini juga dikenal sebagai sindrom Napoleon atau sindrom orang kecil. Situs Buzzle menyatakan bahwa beberapa orang pendek memiliki rasa rendah diri karena ukurannya dan cenderung mengimbanginya dengan aspek lain di kehidupannya. Secara psikologis, mereka yang berpostur pendek sangat agresif dan memiliki cemburu belebihan. Ini hanya diduga sebagai kondisi psikologis, dan terjadi pada beberapa orang pendek yang berkelamin laki-laki. Sindrom ini bukanlah gangguan mental tetapi dianggap sebagai stereotip sosial yang merendahkan. Teori ini juga dikenal sebagai Napoleon Kompleks.

Menurut teori, Napoleon Bonaparte dan lainnya selalu mengimbagi perawakannya yang pendek dengan menjadi sangat agresif. Beberapa studi menyebutkan bahwa kondisi ini berkembang sejak masa kanak-kanak, yang sanagat mungkin mendapat ejekan dan intimidasi teman-temannya. Kompleksitas muncul seperti rendah diri pada anak-anak, yang akan membuatnya selalu berusaha keras untuk mendapat perhatian yang lebih besar, juga menuntut kekuasaan dan kontrol atas orang lain.

Sementara ini beberapa teori sindrom orang pendek memiliki pertentangan keras teori ini. Hal inilah yang menjadikan sindrom orang pendek menjadi sebuah perdebatan. Sebuah studi yang dilakukan di Inggris menunjukkan bahwa, tidak ada perbedaan signifikan dalam kepribadian atau aspek-aspek kehidupan karena postur tubuh.                ath/konstantin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.