16.6.10

Bayi Memuntahkan Paku

Dari negeri China diberitakan seorang bayi perempuan berusia 18 bulan dikabarkan beberapa kali memuntahkan paku. Dan hingga saat ini, bayi itu telah memuntahkan sebanyak 21 buah. Dokter masih menduga bayi ini mengidap Pica yaitu, kelainan yang pengidapnya memiliki hasrat menelan benda-benda lain selain makanan. Berita menggemparkan ini masih bisa temukan dalam Xinhuanet dot kom, edisi hari Senin tanggal 14 Juni 2010. Kasus langka di dunia ini terjadi di Xi'an, ibukota provinsi Shaanxi yang terletak di wilayah barat laut China. 

Dugaan sementara, kelainan yang dialami bayi yang di sebut sebagai Ting-ting, yang bukan nama sebenarnya. Prof. Gao Ya dari Rumah Sakit Jiaotong University menganggap hal ini sanagt aneh, karena tidak ada yang tahu dari mana datangnya paku-paku itu. Sedangkan ibu dari Ting-ting, Liu Xiaoya mengaku hanya kakek dari Ting-ting yang memiliki beberapa paku, namun si kakek sama sekali tidak melihat bahwa paku yang disimpannya berkurang. Pica adalah gangguan makan serius, yang disebabkan kekurangan zinc, zat besi atau unsur lain. Seringkali gangguan ini muncul akibat keracunan timbal atau anemia karena kekurangan zat besi atau defisiensi.

Menurut Dr. Chen Hongxiong dari Rumah Sakit Anak Yulian City tempat Ting-ting menjalani perawatan, uji laboratoriun darah Ting-ting menunjukkan kadar zinc, kalsium, dan magnesiumnya normal, dan zat besi menunjukan agak rendah, namun tidak parah. Kasus ini sangat serius, karena hanya sebulan, ada 21 paku dan beberapa pin logam telah dimuntahkan, tanpa sedikitpun rasa sakit. Dari terakhir berita yang diperoleh, hasil sinar X menunjukkan masih terdapat paku di dalam perutnya. Dokter masih berusaha untuk mengangkat paku dari dalam perutnya agar Ting-ting  tidak mengalami cedera. 
  ath/konstantin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.