12.7.10

10 Tips Mengurangi Bayi Menyusui di Malam Hari.

Rasa lelah, ngantuk, dan kurang tenaga, gampang pusing, dan mual para ibu pekerja yang sedang menyusui tentu sangat mengganggu kesehatan bahkan juga hasil karya di tempat kerja. Dan saat ini kami ingin memberikan 10 Tips Mengurangi Bayi Menyusui di Malam Hari. Kita akan simak bersama-sama;
  1. Kenyangkan bayi saat menyusui di siang dan sore menjelang malam hari untuk membuat bayi Anda lebih sering memintanya di siang hari atau sore hari agar kebutuhan untuk menyusu di malam dapat berkurang perlahan demi perlahan.
  2. Sering menggendong bayi dari orang-orang terdekat selain ibu pada siang hari, adalah cara mendapat keletihan bayi yang tentunya berharap untuk memperoleh rasa istirahat lebih banyak di malam hari.
  3. Membangunkan bayi yang tertidur di sore dan siang hari, adalah juga cara yang tepat untuk memunculkan letih dan lapar bayi di siang dan sore hari menjelang malam. Hingga malam akan dijadikan waktu istirahatnya yang panjang.
  4. Berikan jari Anda saat bayi meminta susu di malam hari ditengah lelap tidurnya. Hal ini bertujuan untuk melepas ketergantungannya secara perlahan. Bayi yang tidak menemukan puting susu akan segera teridur.
  5. Bentuklah pola menyusui di siang hari dan tidur di malam hari, dengan sedikit pemaksaan. Misalnya mengatur cahaya yang redup di kamar, agar bayi menangkap tanda bahwa suasana repu berarti saatnya tidur.
  6. Peran ayah yang meluangkan waktu di malam hari, bisa di coba di malam hari libur kerja. Seorang Ayah bisa mengambil alih untuk menimang bayi saat menangis di malam hari, dapat mengurangi beban ibu menyusui.
  7. Buatlah bertahap untuk menambah jarak tidur Anda dengan bayi. Hal ini akan mengurangi intensitas bayi untuk menyusui. Letakan bayi Anda dapat menidurkan bayi di box bayi. Jika bayi menangis, Anda bisa mengambilnya dan mengembalikan nya setelah menyusui.
  8. Untuk bayi usia 20 bulanan, secara tegas, bukan keras tapi lembut, bisa mengatakan untuk tidak menyusui di malam ini. Karena malam waktunya tidur. Lagi-lagi sampaikan dengan lembut dan penuh kasih hingga tidak terkesan sebagai penolakan.
  9. Bila bayi tetap ingin menyusui, berikanlah, lalu pindahkan di ruang lain bersama ayahnya. Hal ini akan mengurangi intensitasnya menyusu bayi jika ASI tidak selalu tersedia.
  10. Amati perubahan pada bayi. Jika tidak banyak perubahan sikap maka, Anda dapat melanjutkannya. Namun justeru terjadi kesan menjauhnya anak, Anda dapat memperambat irama penerapan tips tadi.
Demikian tips sehat untuk ibu menyusui yang harus beraktifitas rutin di siang hari. Selamat mencoba! ath/konstantin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.