20.7.10

Anak 10 Tahun Terserang Kanker Payudara

Beberapa situs Nasional dan Internasional, secara serempak memberitakan tentang seorang anak berusia 10 tahun asal Southern California, yang dikabarkan terserang kanker payudara. Hasil analisa dokter yang diterimanya pada bulan April yang lalu itu menyebutkan bahwa anak tersebut mengidap kanker yang langka yang memiliki nama medis sebagai invasive secretory carcinoma.

Hannah Powell-Auslam demikian nama anak perempuan yang disebutkan oleh ABCNews itu, terdiagnosis mengidap payudara setelah ia mengeluh gatal di bagian samping tubuhnya pada bulan April yang lalu. Kemudian ibunya yang bernama Carrie, menemukan benjolan yang saat melalui proses pemeriksaan, dokter menegaskan benjolan itu sebagai kanker. Hannah yang saat ini menjalani kemoterapi, telah kehilangan sebagian rambutnya. Namun menurut catatan Kompas dot kom, gadis kelas 5 SD tetap memiliki tekad mengalahkan penyakit mematikan itu.

Dalam usaha menyelamatkan, tanggal 7 Mei 2010, para dokter telah mengambil payudara sebelah kiri Hannah yang belum tumbuh. Karena umumnya pengobatan kanker dikembangkan orang dewasa maka kemoterapi yang Hannah jalankan menggunakan kadar yang sangat rendah. Dr Marisa Weiss, presiden dan pendiri Breastcancer dot org dan penulis buku Taking Care of Your ‘Girls’ : A Breast Health Guide for Girls, Teens, and In-Betweens, tahun 2008, mengatakan, sel kanker yang diderita Hannah itu dipicu oleh polusi, pestisida dan hormon dari dalam makanan dan minuman.

Namun demikian Kanker langka ini belum benar-benar diketahui pasti yang mengakibatkannya mengapa bisa demikian. ath/abcnews/kompas.com/breastcancer.org/konstantin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.