14.7.10

Sinode Am Gereja Protestan Indonesia Bersidang

Gereja-gereja di Indonesia diharapkan bisa bersatu, agar tidak menjadi tertawaan orang lain, lantaran gereja-gereja di Indonesia saling bermusuhan. Dan Gereja Protestan Indonesia sangat berpotensi untuk menjadi barometer pemersatu melalui lembaga Persekutuan gereja-gereja di Indonesia atau PGI. Demikian harapan yang muncul dalam Acara Sidang Sinode Am Gereja Protestan Indonesia atau GPI, yang diselenggarakan di Amurang, Minahasa Selatan, Sulawesi Utara.

Menyadari atau tidak seluruh umat Kristen di Indonesia mengakui bahwa, GPI adalah organisasi gereja tertua dari seluruh aliran reform atau protestan di Indonesia. dan bahkan pada kenyataannya pun, gereja-gereja di Asia, menempatkan GPI sebagai organisasi gerejawi tertua di Asia. GPI yang telah memiliki sejarah keorganisasian 400 tahun lamanya, yang sampai hari ini masih diakui sebagai gereja-gereja yang memiliki struktur organisasi paling rapih. Dan kerapihannya sitem keorganisasian kerohanian ini ternyata juga sangat sulit diadaptasi turun temurun ini bukan hanya oleh gereja-gereja aliran lain bahkan juga oleh organisasi keagamaan lain, bahkan organisasi politik dan kenegaraan.
Warga Indonesia memiliki kebanggaan tentang dengan keberadaan GPI, yang ternyata diakui berbagai gereja-gereja Asia dan dunia melalui sebagai cikal bakal pemersatu gereja-gereja di Asia. Sekalipun banyak hinaan dan cercaan yang ingin memecah belah persekutuan umat Tuhan dalam tubuh GPI ini, namun GPI justeru makin berkembang dan terus melahirkan karya bukan saja melalui Sinode-sinode baru yang mampu berjalan dengan kamandiriannya, tapi juga pengaruhnya terhadap lembaga PGI.

Ketua Panitia SSA GPI, Janny Rende  memperkirakan sekitar 150an utusan yang mewakili 12 Sinode Mandiri GPI menghadiri acara yang tentunya akan dibuka oleh Ketua GPI, Pdt. Dr. Samuel Hakh, MTh. GPI adalah lembaga yang mempersekutukan sinode-sinode Gereja-gereja Protestan di Indonesia yang berjumlah 12 Sinode. Sinode-sinode itu adalah Sinode-sinode
  1. Gereja Protestan Maluku (GPM)
  2. Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT)
  3. Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM)
  4. Gereja Protestan Indonesia di bagian Barat (GPIB)
  5. Gereja Protestan Indonesia di Papua (GPI-Papua)
  6. Gereja Protestan Indonesia di Buol Toli-toli (GPIBT)
  7. Gereja Protestan Indonesia di Gorontalo (GPIG)
  8. Gereja Masehi Injili di Talaud (GERMITA)
  9. Gereja Kristen di Luwuk Banggai (GKLB)
  10. Gereja Protestan Indonesia di Banggai Kepulauan (GPIBK)
  11. Gereja Protestan Indonesia Donggala (GPID)
  12. Indonesian Ecumenical Christian Church (IECC)
Ke 12 Sinode Gereja-gereja Protestan ini, melingkupi wilayahnya sendiri-sendiri, sebagai gereja beraliran Calvinist pemahaman organisasi gerejanya. GPI berasal dari Protestansche Kerk in Nederland Indie, berpusat di Gambir Jakarta Pusat.                                                                                            ath/konstantin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.